6 Lagu Metal Terbaik dan Paling Berpengaruh Sepanjang Masa

Lagu-lagu metal memiliki peran yang signifikan dan penting dalam lahirnya subgenre metal lainnya. Band-band yang mengikutinya sering menggunakan lagu-lagu metal sebagai pedoman, maka tak heran jika lagu-lagu metal tidak pernah mati. Seperti lagu-lagu pop atau lagu-lagu dari genre lain, lagu-lagu metal memiliki sejarah perkembangan dinamis yang panjang. Makna musik metal terus berubah dan berubah setidaknya setiap 10 tahun sekali. Mulailah dengan band heavy metal yang terkenal di tahun 70-an, seperti Led Zeppelin atau Black Sabbath. Kemudian titik balik lainnya datang pada 1980-an dengan kedatangan Metallica dan Iron Maiden. Lagu-lagu metal berubah lagi setelah tahun 1990-an dengan kedatangan Slipknot atau Killswitch Engage. Sama dari tahun 2000-an sampai sekarang.

Berbagai perubahan makna lagu metal setiap dekade mencerminkan luasnya musik metal dan metal. Apalagi dengan munculnya band-band metal dari berbagai daerah, seperti band metal dari Eropa hingga band metal Skandinavia, maupun dari Asia, termasuk Indonesia, lagu-lagu metal pun semakin beragam. Dari sinilah lahir banyak subgenre metal yang semakin memperkaya pemahaman tentang musik dan lagu metal. Dan di belakang mereka ada beberapa lagu metal terbaik yang berdampak besar pada perkembangan dunia musik. Jadi berikut ini adalah enam lagu metal terbaik dan paling berpengaruh sepanjang masa.

Metallica – Master of Puppets

“Master of Puppets” adalah lagu metal terbesar berikutnya sepanjang masa. Fitur pemersatu dari lagu ini adalah gitar bertenaga yang menjadi ciri khas Metallica. Lagu tersebut menginspirasi dan mempengaruhi banyak band heavy metal di tahun 80-an dan 90-an, dan pengaruhnya juga telah menjangkau banyak musisi dari semua lapisan masyarakat, terutama dalam hal penulisan lagu.

Slayer – Black Magic

Black Magic oleh Slayer adalah lagu metal paling berpengaruh sepanjang masa. Lagu ini memiliki tempo yang sangat cepat dan intens, meskipun liriknya ambigu. Black Magic adalah salah satu lagu yang menjadi dasar utama Slayer untuk menciptakan karya mereka selanjutnya. Track tersebut dinilai sangat berpengaruh dalam perkembangan subgenre speed metal. Bahkan, Slayer juga menjadi basis berkembangnya subgenre black metal.

Judas Priest – Living After Midnight

Judas Priest adalah band hebat yang termasuk dalam subgenre heavy metal. Pengaruh besar grup ini terasa dalam budaya pop dunia. Living After Midnight lebih rock daripada metal. Namun, lagu ini memiliki hook yang cukup sederhana sehingga jenis lagu metal seperti ini menjadi disukai banyak orang. Lagu ini secara tidak langsung menarik perhatian masyarakat terhadap heavy metal.

Motorhead – Ace of Spades

Motorhead berhasil memadukan punk dan metal dengan cara yang unik. Toh, musik Motorhead adalah cikal bakal subgenre thrash metal. Ace of Spades adalah kombinasi kecepatan dan agresi untuk menangkap jiwa blues dari lagu ini. Kombinasi luar biasa ini memengaruhi band-band metal legendaris lainnya.

Rage Against The Machine – Killing In The Name

Lagu Rage Against The Machine yang terkenal juga berisi lagu-lagu terbaik dan berpengaruh sepanjang masa. Grup ini juga berhasil memadukan rap dan metal, termasuk di awal 1990-an, lagu “Killing in the Name”. Lagu ini sangat kuat dengan riff inspirasional yang kuat dan jangkauan vokal politik yang menggema.

Artikel Lainnya : NOFX : Semangat Pemberontakan Yang Tidak Pernah Padam

Pantera – Walk

Pantera dikreditkan dengan mempromosikan subgenre Groove Metal. Band ini juga mempengaruhi subgenre lain seperti no metal, metalcore dan berbagai bentuk musik metal alternatif. Lagu Pantera yang berjudul Walk adalah salah satu jenis lagu metal terbaik yang pernah ditulis oleh band groove metal asal Texas. Lagu ini berhasil menghidupkan kembali musik metal dan mendefinisikan kembali cara bermain metal. Pantera berfokus pada ritme yang terukur, nuansa dan struktur yang kuat daripada solo gitar yang panjang.